Pansus LKPJ Turlap Periksa Proyek Dispora di Winangun

MANADO – Pansus laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) DPRD Manado, melakukan turun lapangan (turlap) untuk memeriksa hasil laporan dari dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) atas proyek fisik lapangan dan alat olahraga di Wianagun 1 Lingkungan VI, Rabu (12/5/2019).

“Kami melakukan pemeriksaan langsung di lapangan terhadap proyek fisik Dinas Pemuda dan Olahraga yang berlokasi di Winangun, untuk memastikan apakah sesuai spek atau tidak,” kata Ketua Pansus LKPJ 2018 DPRD Manado, Anita de Blouwe.

Dia mengatakan, berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, tim pansus menemukan ada lapangan bola voli, juga satu tiang basket, serta berbagai perlengkapan olahraga.

Namun dia menambahkan pihaknya masih akan mempertanyakan, dan memeriksa lapangan sejumlah pekerjaan fisik yang dilaksanakan oleh dinas PU Manado, apakah sesuai ataukah tidak.

“Termasuk juga pekerjaan fisik perangkat daerah lain yang dilaksanakan oleh PU, jika memang ada yang kurang atau tak terlaksana dengan baik, maka kami akan mempertanyakan kepada instansi yang bersangkutan apa penyebabnya,” katanya.

Nantinya, kata de Blouwe, jawaban dari perangkat daerah atau semua temuan ketidaksesuaian akan menjadi catatan yang akan direkomendasikan kepada pemerintah.

“Juga apakah proyek tersebut bisa terus dilanjutkan dan anggarannya ditambah nantinya dalam perubahan APBD 2019 ini ataukah tidak,” katanya.

Tetapi dia mengatakan, kalau temuan untuk ke ranah pidana belum sampai ke situ, karena pihaknya maupun pemerintah harus memastikan dulu penyebab tidak terlaksananya pekerjaan tersebut, apakah ada unsur kesengajaan atau ketidakmampuan permanen dari pihak ketiga.

Dia mengatakan, pemeriksaan langsung di lapangan masih akan dilakukan kemudian pihaknya akan memparipurnakan hasil pembahasan serta memberikan rekomendasi kepada pemerintah kota.

(Liputan Khusus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*